Bahaya Masalah Orang Dewasa Kecanduan Game Online

Ayokita Online - Banyak orang mengatakan bahwa kecanduan game hanya terjadi pada anak – anak saja. Hal ini tentu benar di era tahun 2000, tapi sekarang hal ini tidak tepat karena kasus orang dewasa kecanduan game sudah banyak muncul.
Bahaya Masalah Orang Dewasa Kecanduan Game Online

Media game adalah hiburan yang sekarang ini lebih populer dibandingkan daripada banyak media hiburan lain. Semua orang yang memiliki HP tentu pernah mencoba main game, jadi hampir semua orang bisa menikmati hiburan ini.

Hal yang menjadi masalah adalah saat hiburan ini menyebabkan kecanduan. Kecanduan pada anak – anak masih bisa dikontrol oleh orang tua. Jika sudah dewasa, siapa yang dapat membantu mereka? Hal ini tentu bisa digolongkan pada masalah yang lebih parah. Jika Anda ingin tahu bahaya masalah kecanduan ini pada orang dewasa, mari bahas lebih lanjut di bawah ini!

Masalah Kecanduan Bisa Berpengaruh Pada Pekerjaan

Para orang dewasa tentu memiliki kewajiban untuk bekerja dan mencari nafkah. Jika orang tersebut jatuh pada kecanduan, masalah produktivitas pasti terpengaruh. Perlu diingat, bahwa orang yang mengalami kecanduan game online sangat sulit mengatur waktu untuk berhenti dan selalu mementingkan bermain game.

Jika Anda menemukan orang dewasa yang bermain game lama (3 sampai 4 jam per hari) tapi bisa berhenti dan mengerjakan tugasnya dengan baik, orang tersebut tidak kecanduan. Orang yang kecanduan akan sulit menjadi produktif. Prioritas pada orang yang kecanduan game selalu fokus pada bermain game dan mengindahkan hal yang lain.

Contoh saja, orang yang suka main game tapi tidak kecanduan, mampu membagi jadwal untuk bekerja dan bermain. Tapi untuk orang yang kecanduan, ia mungkin bekerja, tapi di tengah pekerjaan tersebut mereka mengingat tentang game dan bahkan mencuri waktu agar bisa bermain game saat jam kerja.

Pengaruh pada pekerjaan ini tentu menjadi masalah bagi orang dewasa. Saat waktu tidak dihabiskan efektif dengan bekerja, tentu saja ia tidak akan mendapatkan pasangan baik dari atasan. Penghasilan kecil dan masalah dengan rekan kerja juga bisa jadi hal yang muncul. Jika diteruskan, ia bahkan bisa kehilangan pekerjaan dan penghasilannya.

Mempengaruhi Kehidupan Berkeluarga

Masalah orang dewasa kecanduan game online juga bisa berpengaruh pada kehidupan keluarga. Orang tua yang mengalami hal ini bisa saja menelantarkan anak dan bisa menjadi role model yang buruk. Pasangan suami istri yang berkurang komunikasinya karena salah satu pihak lebih mementingkan game tentu bisa menjadi masalah.

Keluarga adalah tanggung jawab yang perlu diwujudkan bersama, jika salah satu kepala dari keluarga ini memiliki masalah kecanduan game online, tentu beban yang diberikan pada partnernya menjadi lebih berat. Bayangkan suami yang lebih suka bermain game sendiri daripada dengan si anak atau membantu si istri mendidik si anak. Hal seperti ini membuat kehidupan keluarga menjadi tidak sehat.

Lebih Sulit Diperbaiki

Hal yang lebih berbahaya jika menjadi pecandu game sebagai orang dewasa adalah perbaikannya yang lebih sulit. Menanam kebiasaan yang baik selalu lebih mudah pada orang muda dibandingkan yang tua. Hal ini yang menjadi filosofi sebagai orang tua yang bisa dengan lebih mudah mencegah anak jatuh pada kecanduan game online.

Di sisi lain, orang dewasa merasa lebih tahu dan tentunya sudah terbiasa dengan kebiasaan lama. Seperti yang banyak orang bilang, kebiasaan adalah sesuatu yang paling sulit diubah pada manusia. Jika orang dewasa sudah terbiasa dibiarkan bermain game tanpa batasan, tentu jika tiba – tiba disuruh berhenti, mereka akan menentang. Hal seperti emosi, rasa tidak tenang dan depresi bisa muncul karena perubahan ini.

Tentu hal ini tetap bisa diusahakan jika para orang terdekat pecandu game ini menuntun dengan baik. Dukungan orang terdekat dapat membantu siapa saja keluar dari kecanduan. Tapi bagaimana jika tidak bisa?

Solusi lain yang bisa diambil adalah dengan menggunakan jasa pihak yang ahli. Psikolog dan tempat rehabilitasi kecanduan game online bisa dipilih menjadi solusi hal ini. Banyak asrama seperti pesantren bisa digunakan para orang dewasa untuk memperbaiki diri. Jika merasa diri atau kenalan Anda kecanduan game online, segera dekati dan nasehati. Orang dewasa kecanduan game biasanya berefek lebih parah daripada anak – anak yang masih mudah diubah.
Sumber: gumilar.net

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »