Tips Menata Ruang Keluarga Jadi Rapi dan Nyaman

Ruang keluarga merupakan tempat dimana seluruh anggota berkumpul. Bisa dibilang ruangan ini adalah titik Anda sekeluarga menghabiskan quality time bersama. Berbeda dengan kamar tidur yang ditempati sendiri-sendiri oleh tiap anggota keluarga, ruang keluarga ditempati bersama. Dengan kata lain, kenyamanan bersama lah yang diutamakan dalam ruang ini. Agar kenyamanan tersebut maksimal, maka perlu Anda ketahui tips menata ruang keluarga agar senantiasa rapi berikut.
Tips Menata Ruang Keluarga Jadi Rapi dan Nyaman

Sediakan tong sampah

Meskipun bukan dapur, ruang keluarga juga membutuhkan tong sampah. Bayangkan saja, ruangan ini digunakan untuk menghabiskan waktu bersama. Aktivitas seperti menonton TV serta anak-anak bermain juga rentan menimbulkan sampah. Baik sampah makanan maupun sampah berupa sobekan kertas. Maka agar ruang keluarga nampak tetap rapi, sediakan tong sampah di dalamnya. Anda bisa meletakkannya di pojokan ruang.

Tambahkan Air freshener

Berbagai aktivitas bersama yang dilakukan di ruang keluarga pasti akan lebih nyaman dengan pewangi yang menyegarkan. Terlebih lagi, semua aktvitas tersebut juga bisa saja menimbulkan bau-bau yang kurang sedap. Oleh karena itu, sediakan juga penyegar ruangan atau air freshener di ruang keluarga Anda agar ruangan bisa wangi dan segar tiap saat. Ruang keluarga pun lebih nyaman digunakan untuk menghabiskan quality time bersama keluarga.

Rapikan kabel-kabel

Tentunya ruang keluarga tidak lepas dari adanya berbagai peralatan elektronik. Peralatan tersebut meski penting, terkadang kabel-kabelnya sangat menganggu. Bahkan, tidak jarang kabel peralatan yang ada membahayakan anak yang tengah bermain.

Agar ruang keluarga tidak hanya nyaman namun juga rapi, maka rapikan kabel seluruh peralatan elektronik yang ada. Sebaiknya Anda menempelkan kabel dengan paku khusus untuk peralatan yang posisinya permanen alias tidak banyak gerak. Sedangkan untuk yang punya mobilitas tinggi seperti stop kontak yang digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel misalnya, lebih baik menggunakan pernak-pernik cable organizer.

Maksimalkan ruang yang ada

Tips menata ruang keluarga berikutnya adalah untuk memaksimalkan sisa ruang yang ada. Ruangan yang berantakan biasanya berawal dari barang-barang yang tidak ada pada tempat seharusnya. Maka, gunakan sisa ruangan yang kosong semaksimal mungkin.

Contohnya saja space kosong yang ada di belakang sofa. Anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan bantal sofa atau bahkan rak-rak buku kecil.

Perhatikan dalam memilih perabot

Ruang juga terlihat berantakan karena perabot yang salah pilih dan posisi. Maka, tips menata ruang keluarga yang perlu Anda aplikasikan selanjutnya adalah memperhatikan perabot di dalamnya. Ukuran, warna, model, hingga tata letak perabot dapat membantu membuat ruangan lebih rapi. Anda pun harus memperhatikan ukuran luas ruang keluarga Anda dulu. Apakah lega atau sempit? Karena trik memilih perabot yang tepat berawal dari situ.

Namun luas maupun tidak, jumlah perabot yang dipilih juga patut diperhatikan. Jangan karena merasa ruang keluarga Anda luas, Anda menambahkan perabot yang rasanya kurang perlu. Karena perabot-perabot tersebut bisa menambah sesak ruang keluarga. Contohnya saja tangki air minum keluarga. Tangki air minum atau galon air lebih baik diletakkan di dapur atau ruang makan saja, bukan di ruang keluarga.

Batasi display koleksi

Koleksi memang bukan hanya untuk sekedar disimpan, namun juga dipajang. Sayangnya koleksi yang jumlahnya segudang bisa memakan tempat. Karenanya, display di ruang keluarganya lebih baik dibatasi saja jumlahnya. Pajang koleksi beberapa, sedangkan sisanya di simpan.
Tips Menata Ruang Keluarga Jadi Rapi dan Nyaman

Anda bisa memilih mana yang untuk dipajang berdasarkan selera. Misalnya koleksi kaset film. Pajang saja judul-judul yang banyak dinikmati untuk ditonton bersama. Sedangkan judul-judul yang disenangi pribadi bisa di simpan saja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »