Warga Madura Ikut Jaga Nyepi di Buleleng


BULELENG – Solidaritas antarumat beragama di Buleleng sangat kuat. Ratusan warga Madura dari Kampung Islam di Seririt Buleleng turut mendampingi pecalang mengamankan hari raya Nyepi.
Kapolsek Seririt, Kompol Rahman memaparkan, hampir setiap tahun warga Madura ikut mengamankan Nyepi di Buleleng. Pasalnya, di wilayah tersebut banyak masyarakat Madura yang hijrah ke Buleleng secara turun-temurun.
"Sudah sering mereka melakukan ini. Lagi pula ada juga pecalang yang orang Madura. Jadi, masyarakat muslim merasa mereka bersaudara sehingga ikut mengamankan Nyepi," kata Rahman ketika berbincang dengan Okezone, Rabu (9/3/2016).
Kolaborasi antarumat beragama memang begitu kuat di Buleleng. Tidak hanya hari raya Nyepi, saat umat Islam melaksanakan Lebaran, seluruh umat Hindu di Buleleng aktif membantu mengamankan.
Menurutnya, selama ini tidak ada gesekan, baik dari umat Hindu maupun umat Islam dalam melakukan kegiatan keagamaan.
"Selama ini belum saya mendengar adanya gesekan antara umat Hindu dan Islam. Mereka menjalaninya dengan penuh kesadaran untuk saling menghormati," serunya.
Selama ini kontribusi masyarakat muslim di Buleleng hanya sebatas membantu mengamankan pada zona umum. Mereka tidak terlalu mencampuri atau terlibat langsung dalam prosesi keagamaan yang lebih dalam.
"Saling gotong royong tidak mencampuri agama lain. Mereka sekadar membantu saja tidak sampai masuk ke ranah agamanya," tuturnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »