5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak

Aceh adalah wilayah yang memiliki beragam sumber daya alam, kekayaan pengetahuannya, kekayaan kekayaan budaya serta nilai-nilai agama yang sangat tinggi. Ini telah menjadikan Aceh sebagai wilayah istimewa dari era kerajaan, pendudukan hingga zaman modern saat ini.

Kota yang mendapat julukan "Veranda of Mecca"  atau Serambi mekah ini terkenal dengan wisata budayanya serta wisata kuliner yang nikmat. Berbagai macam penawaran kuliner membuat lidah kita bergoyang. Nah berikut 5 makanan khas aceh yang paling enak :

1. Mie Aceh
5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak
Mie Aceh merupakan satu dari sekian banyaknya jenis kuliner Aceh yang menggugah selera, dapat dicicipi dengan dua cara, yaitu digoreng atau direbus alias menggunakan kaldu. Untuk rasa sendiri dapat memilih apakah Anda ingin pedas atau tidak. Sebagai variasi bisa meggunakan crab, daging atau seafood. Variasi inilah yang kemudian menentukan nama dari mie tersebut.

2. Sate Matang
5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak

Sate dewasa sudah bergema di setiap kota di seluruh Aceh, Jakarta dan bahkan medan. Di mana ada orang-orang di Aceh tinggal di kota-kota besar di Indonesia. Tentu ada gerobak yang membaca tusuk sate "sate matang". Namanya sate dimasak karena berasal dari daerah Matang, Bireuen. Yang membuat sate ini istimewa karena itulah mengapa sup kaldu. Di Banda Aceh, banyak warung yang menyediakan makanan ini, salah satunya adalah di Rex Peunanyong.

3. Kuah Pliek U
5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak

Kuah Pliek 'U adalah makanan tradisional khas aceh. makan acehnese sangat populer dengan berbagai campuran rasa dan kaya vitamin dan zat yang dapat meningkatkan gairah dan kekebalan.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Padang yang Mengagumkan

Kuah Pliek 'U juga adalah makanan tradisional khas aceh yang melambangkan kekeluargaan dan keragaman pada masyarakat Aceh, makanan ini dapat disatukan dalam kuali, sehingga mengasilkan selera yang unik dan dicintai oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Pliek gravy 'U juga merupakan media untuk memperkenalkan hasil alami Aceh yang begitu kaya sehingga dengan memakan sejenis sup sayuran Piek' U berarti kita telah makan sayuran utuh di Aceh. Masakan itu wajib dimakan, mereka pergi ke Aceh tanpa makan Kuah Pliek 'U, seperti tidak pergi ke Aceh. Masakannya sangat mudah didapat, 90% restoran di Aceh tentu menyediakan Kuah Pliek 'U.

4. Masakan Kambing Khas Aceh
5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak

Kambing kering Aceh memiliki cita rasa yang khas, karena memakai cita rasa khas Aceh. dimasak menggunakan panci besi besar dan simpan dalam api. Ini berarti bahwa setiap kali Anda memesan kari domba selalu disajikan dalam kondisi panas, daging kambingnya lembut dan tidak berbau. Anda juga akan menyajikan daging cincang rebus yang dicampur dengan bawang bombay dan cabe rawit tumbuk dan jus lemon sebagai suplemen kari kambing. Nah Jika nanti berkunjung ke Kota Banda Aceh jangan lupa untuk mencoba hidangan khas yang satu ini.

 5. Kuah Masam Keu-eung
5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak

Masakan Asam Pedas adalah masakan yang hampir di seluruh Indonesia, bahkan Asia Tenggara dengan berbagai macam nama. Dalam masakan Aceh disebut Asam Keueung atau Wry Keueung yang secara harfiah berarti Sour Spicy.

Itulah 5 Makanan Tradisional Khas Aceh Paling Enak. Semoga dapat menambah informasi wisata kuliner untuk kita semua. Salam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »